Mengatasi Ayam Aduan Bantat

Tips Menanggulangi Ayam Aduan Bantat Atau Kelebihan Otot

sabung ayam online – Ayam aduan kesayangan para botoh pastinya memerlukan latihan yang rutin setiap harinya. Tujuan latihan rutin yang di berikan pada ayam aduan agar ayam aduan mempunyai mutu dan juga kualitas yang baik seperti fisik yang kuat, nafas panjang, melatih gaya bertarung, mendapatkan pengalaman bertarung serta dapat memukul lawannya dengan pukulan yang mematikan dan berbahaya. Namun tidak terlalu baik juga apabila ayam aduan terlalu kelebihan di berikan pelatihan atau terlalu di paksa karena akan mengakibatkan ayam menjadi bantat. Artikel kali ini Bandar Sabung Ayam akan membahas bagaimana cara mengatasi ayam aduan bantat.

Namun tidak sedikit para botoh terutama botoh pemula yang salah memberikan pelatihan untuk ayam aduan agar ayam menjadi ayam aduan yang berkualitas. Banyak para pecinta ayam aduan yang memberikan pelatihan pada ayam aduan hingga ayam ngos ngosan di karenakan pelatihan yang terlalu keras dan istirahat yang kurang. Akibatnya akan membuat ayam aduan mengalami pembentukan otot yang sangat cepat dan akhirnya membuat ayam menjadi bantat. Mengatasi ayam aduan bantat bukanlah hal yang mudah karena akan membutuhkan waktu lagi untuk mengembalikan otot ayam aduan.

Ayam aduan yang mengalami bantat atau kelebihan otot apabila di pegang badannya akan terasa berat dan kaku, sementara ayam aduan yang memiliki keadaan yang sehat atau yang siap di adu apabila di pegang badannya akan terasa kencang namun tetap lentur.

Baca Juga : Tahap Perkembangan Embrio Ayam Dalam Telur Yang Wajib Di Ketahui

Memang benar ayam aduan yang memiliki tubuh kekar dan juga berotot akan tahan pada pukulan ayam lawan dan mempunyai pukulan yang keras. Tetapi tetap ada sisi buruknya apabila ayam aduan bantat, ayam akan menjadi kurang optimal untuk bergerak dan akan kalah gesit dengan ayam lawan di karenakan otot yang kaku. Dan apabila ayam sudah bantat atau kelebihan otot harus segera mengatasi ayam aduan bantat agar ayam aduan tidak kaku.

Ayam aduan bantat dalam segi lompatan pasti kurang tinggi dan juga kurang lincah sehingga pukulan yang keras tidak akan pernah tepat sasaran. Selain lambat ayam aduan bantat juga memiliki stamina yang kurang bagus, cepat lemas dan akhirnya pukulannya akan menurun.

Penyebab Ayam Aduan Bantat :

  1. Ayam aduan rutin berlatih berat tanpa istirahat.
  2. Ayam aduan hanya makan dan minum di kandang tanpa di umbar, mandi dan jemur.
  3. Ayam aduan yang di mandikan namun tidak sempat di jemur karena cuaca yang tidak mendukung atau di karenakan mandikan ayam setelah ayam di abar malam hari.
  4. Ayam aduan kurangnya minum.
  5. Kurangnya ayam aduan mandi pasir.
  6. Ayam aduan bantat juga bisa di karenakan ingin mabung.

Baca Juga : Manfaat Pisang Raja Untuk Ayam Aduan Sebagai Doping

Tips Mengatasi Ayam Aduan Bantat :

  • Mandi pasir. Mengatasi ayam aduan bantat bisa di lakukan dengan mandi pasir. Letakkan ayam aduan dalam hamparan pasir. Sediakan juga satu buah tenggeran, agar ayam aduan mampu berolahraga dengan naik turun melompati tenggeran dan tempatnya harus luas agar ayam bisa bergerak bebas.
  • Berikan temukunci yang di bakar karena akan membantu merefleksikan otot otot yang kaku.
  • Selain mandi pasir mengatasi ayam aduan bantat bisa dengan cara kumpulkan ayam bantat dengan ayam induk betina muda biarkan ayamnya bermain bersama dan apabila kawin itu akan lebih baik.

Mengatasi ayam aduan bantat masih ada cara lain yang bisa di lakukan oleh para botoh, antara lain :

  1. Ayam di usap menggunakan air yang jangan terlalu basah namun di bagian sayap dan bagian selangkang boleh basah lalu di jemur sebentar dan sediakan air minum apabila ayam sudah mulai membuka patuknya karena kepanasan, di angkat dan di umbar ke kandang yang lebar serta beralaskan pasir agar ayam bisa melakukan mandi pasir.
  2. Ayam aduan di berikan senam namun ayam tidak di mandukan hanya di beri minum saja. Latihan senam yang di berikan pada ayam aduan adalah jalan jongkok di dorong membentuk angka 8 ayam aduan jangan sampai kelelahan dan ulang kembali apabila nafas ayam sudah kembali normal.
  3. Setelah nafas ayam kembali normal langsung dorong kiri kanan sambil mengarahkan kaki ayam sewaktu berjalan melipat dan lakukan sebanyak 30 kali.
  4. Setelah melakukan pelatihan tersebut peganglah bagian dada dan akan terlihat lebih lentur. Ayam tetap jangan di mandikan terlalu basah.
  5. Setelah bulu agak kering umbar di kandang yang lebih luas. Latihan ini lakukan setiap hari umumnya 7x latihan dan dengan istirahat yang cukup.

Demikian informasi seputar mengatasi ayam aduan bantat yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.