Ciri Ayam Pelung

Mengenal Ciri Ayam Pelung Dan Kelebihannya

sabung ayam online – Sejarah ayam pelung bermula dari cerita yang berkembang di masyarakat lebih tepatnya di desa Bunikasih kecamatan Warungkondang Cianjur Jawa Barat sekitar tahun 1850-an. Ayam pelung ini melegenda di deretan sejarah masa lalu dan ayam pelung berbeda dengan kebanyakan ayam pada umumnya. Artikel kali ini akan membahas lebih dalam tentang ciri ayam pelung.

Ayam pelung merupakan ayam ternak yang berasal dari Cianjur. Ayam pelung banyak di pelihara sebagai ayam hias di karena suaranya yang kokoh, relatif panjang dan memiliki irama. Peminat ayam pelung di Indonesia juga sudah semakin banyak. Jenis ayam pelung ini di pelihara hanya untuk di ikutsertakan dalam ajang perlombaan.

Baca Juga : Mengenal Jenis Ayam Hias Serama Dan Cara Merawatnya

Ciri Ayam Pelung Berkualitas :

  1. Ciri ayam pelung yang bagus pasti di saat berkokok ayam pelung akan mengeluarkan suara yang panjang dan irama yang berbeda apabila di bandingkan dengan ayam jenis buras yang lainnya.
  2. Ciri ayam pelung di lihat dari segi postur tubuh. Ayam pelung memiliki tubuh yang besar dan kokoh serta jauh lebih berat atau lebih besar apabila di bandingkan dengan ayam lokal pada umumnya. Berat tubuh ayam pelung dewasa mencapai 3kg dan tingginya 30 hingga 40cm.
  3. Ciri ayam pelung di lihat dari segi kaki. Ayam pelung memiliki kaki lebih besar dan warna yang hitam adak kebiru biruan.
  4. Ciri ayam pelung dari jengger. Jengger yang di miliki ayam pelung tempak besar tunggal, berditi tegak dan berwarna merah.
  5. Jika ayam pelung di lihat dari segi warna bulu. Ayam pelung tidak  memiliki patokan warna untuk bulunya, namun pada umumnya warna bulu ayam pelung memili campuran berwarna merah dan hitam, kuning dan putih dan atau campuran warna hijau mengkilat.

Kelebihan Ayam Hias Pelung :

  1. Ayam pelung mempunyai berat tubuh yang lebih berat, berbeda dengan bobot tubuh ayam buras yang lainnya. Ukuran ayam pelung jantan memiliki berat mencapai 5 hingga 6kg, sedangkan untuk ayam pelung betina memiliki berat mencapai 3 hingga 3,5kg.
  2. Memiliki perkembangan yang sangat cepat. Dari anak anak hingga dewasa pertumbuhannya terlihat cepat dari pada jenis ayam buras lainnya.
  3. Memiliki suara kokok yang panjang dan berirama.

Demikian informasi seputar mengenal ciri ayam pelung yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.