ciri ayam bangkok betina yang bagus

Mengenal Ciri Ayam Bangkok Betina yang Bagus Untuk di Jadikan Indukan

sabung ayam online – Ayam bangkok merupakan salah satu ayam yang memiliki kualitas yang bagus sebagai ayam petarung. Sehingga banyak sekali para botoh atau pun para peternak ayam menjadikan breeder. Untuk melakukan breeder juga harus mengetahui terlebih dahulu ciri ayam bangkok betina yang bagus untuk di kawinkan.

ciri ayam bangkok betina yang bagus

Salah satu kunci berhasilnya para peternak ayam adalah pandai dalam melihat ayam betina yang bagus yang akan di kawinkan dengan indukan jantan.

Baca Juga : Mengenal Ciri Ayam Bangkok Kepala Pinang dan Keistimewaannya

Untuk melakukan breeder, indukan betina dan indukan jantan harus memenuhi beberapa syarat tertentu agar anakannya menjadi bibit unggul.

Ciri ayam bangkok betina yang bagus jika di lihat dari segi fisik, maka harus memperhatikan bentuk kepala, mata, badan, kaki, tulang sapit, taji dan juga bulunya. Sedangkan dari riwayatnya bisa dengan memperhatikan asal usul keturunannya, ayam termasuk ayam keturunan ayam bangkok juara atau tidak, lalu ayam sering terkena penyakit atau tidak.

Ciri Ayam Bangkok Betina Yang Bagus Untuk di Jadikan Breeder :

  • Bentuk kepala

Ayam bangkok betina yang bagus sebaiknya memiliki bentuk kepala yang menyerupai bentuk kepala ular. Ayam dengan bentuk kepala seperti itu biasanya akan menghasilkan anakan yang memiliki gerakan yang lincah. Terlebih lagi jika ayam jantan yang akan di kawinkan memiliki bentuk kepala yang menyerupai buah pinang.

Pergerakan kepala yang lincah akan membuat ayam memiliki kemampuan menghindar yang bagus karena ayam akan menjadi sulit untuk di pukul oleh ayam lawan.

  • Mata

Ayam bangkok betina yang bagus untuk di jadikan ayam indukan yang memiliki mata yang  menjorok ke dalam. Ayam betina dengan ciri mata tersebut di percaya akan merawat anaknya hingga besar dengan baik. Tingkat keberhasilan dari proses pengeraman yang di lakukan oleh ayam betina bermata menjorok ke dalam lebih tinggi jika di bandingkan dengan jenis mata lainnya.

Selain hal itu, untuk memilih ayam betina yang bagus harus memiliki mata yang bersih karena kebersihan kelopak mata menunjukan bahwa ayam tidak ada penyakit.

  • Bentuk badan

Bentuk badan yang baik untuk ayam bangkok betina yang menyerupai bentuk botol. Hal ini bisa di cek dengan memegang bagian dada dan perut ayam bangkok betina dari bawah sampai atas sekalian di angkat badannya.

Jika terasa nyaman ketika di pegang badan ayam, maka ayam cocok di jadikan ayam indukan, sedangkan jika sebaliknya, maka ayam betina bisa untuk di konsumsi saja.

  • Kaki

Ayam bangkok betina yang bagus untuk di jadikan indukan yang memiliki kaki yang sisiknya kering dan juga jari yang panjang karena dengan kaki seperti ini akan menghasilkan anak ayam bangkok dengan pukulan yang mematikan.

  • Tulang sapit

Tulang sapit atau tulang di bawah pangkal ekor yang lebar berukuran 3-4 jari adalah ciri ayam betina yang bagus untuk menghasilkan bibit unggulan.

  • Bulu

Patokan ayam bangkok betina dalam keadaan sehat dapat di lihat dari bulunya. Bulu yang bersih dan mengkilap merupakan ciri ayam bangkok memiliki ketahanan fisik yang kuat. Oleh sebab itu, untuk memilih ayam betina bisa perhatikan bulunya terlebih dahulu.

  • Taji

Untuk ayam bangkok betina yang akan menjadikannya indukan, sebaiknya yang memiliki jalu. Namun jika ayam indukan tidak memiliki jalu juga tidak masalah.

  • Riwayat

Hal terakhir yang paling penting dalam memilih ayam bangkok betina untuk indukan adalah riwayatnya. Sebab dari riwayat ayam betina, peternak pasti akan tahu ayam jantan yang cocok.

Jangan memilih ayam indukan secara sembarangan, lalu di kawinkan dengan ayam jantan yang berkualitas, karena tidak akan menghasilkan bibit anak ayam bangkok yang berkualitas juga.

Demikian informasi lebih dalam tentang ciri ayam bangkok betina yang bagus yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.