Penyakit Mulut Ayam Aduan

Bintik Putih Penyakit Mulut Ayam Aduan Dan Cara Pengobatannya

sabung ayam online – Penyakit mulut ayam aduan tidak hanya terjadi pada manusia saja namun tetapi ayam aduan pun bisa mengalaminya juga. Penyakit mulut ayam aduan ini sering di sebut dengan goham atau manik. Goham ini terjadi di karenakan bakteri yang bernama Trichomoniasis.

Penyakit mulut ayam aduan goham bisa dengan mudah datang apabila kondisi ayam aduan sedang mengalami stres atau bisa juga di karenakan kekurangannya air minum yang menyebabkan dehidenganasi. Gejala klinis apabila ayam aduan terkena penyakit goham di tandai dengan kusamnya bulu, bulu tampak berdiri dan akan menurun nafus makannya. Ciri ciri penyakit goham pada ayam aduan adanya bau busuk pada mulut ayam aduan, keluar lendir dari mulutnya dan umumnya di sertai dengan bercak putih pada rongga mulut.

Baca Juga : Mengenal Ritual Suci Tajen Yang Ada Di Bali

Penyakit mulut ayam aduan goham ini tidak bisa di anggap remeh karena penyakit goham ini bisa menjadi dugal atau tumor pada ayam aduan. Bercak putih pada mulut ayam aduan sebenarnya adalah puncak gunung es yang tampak di permukaan karena bakteri menyerang seluruh sakuran pencernaan termasuk tembolok dan usus. Pengobatannya harus benar benar tuntas bukan hanya sekedar menghilangkan bercak putihnya saja.

Cara Penyembuhan Penyakit Mulut Ayam Aduan Dengan Obat Modern  :

  • Forinfec (obat kumur manusia)

Cara penggunaannya setiap pagi teteskan sebanyak tiga tetes ke dalam rongga mulut ayam yang terkena penyakit goham dan usahakan menetesi nya mengenai bintik bintik putihnya. Lalu tunggu sampai 5 menit dan berikan ayam aduan minum. Lakukan pengobatan ini sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore dan biasanya dalam 2 hari bintik bintik putihnya akan hilang dengan sendirinya.

  • Albothyl

Cara penggunaannya dengan teteskan obat albothyl pada goham, berikan albothyl sehari sekali pada ayam aduan sebagai anti bakteri dan anti jamur serta untuk anti parasit tanpa menimbulkan resistensi. Kelebihannya menghentikan pendarahan, mencegah infeksi, mempercepat pembentukan jaringan baru, tidak merusak jaringan, menggantikan jaringan yang rudak dan menghilangkan rasa sakit.

  • Metronidazol

Berikan metronidazol pada ayam aduan yang terkena goham sebanyak 1/2 tablet pada pagi dan sore.

  • Amoxicyllin

Cara penggunaannya berikan untuk ayam aduan dengan dosis 1 hari satu kali. Amoxicyllin bukan hanyan bisa mengobati penyakit mulut goham saja namun bisa menyembuhkan infeksi pada telinga tengah, bronchitis, radang tenggorokan, radang tonsil, radang pada laring, pneumonia, infeksi saluran kemih dan infeksi pada kulit.

  • Vitamin C

Pemberian vitamin c dengan membelah jadi empat bagian berikan 1/4 setiap hari. Bungkus potongan vitamin dengan daun pepaya atau bisa juga dengan daun singkong agar tidak nempel di tenggorokan ayam aduan.

Cara Penyembuhan Penyakit Mulut Ayam Aduan Dengan Obat Alami  :

  1. Rebusan daun sirih di campur dengan garam.
  2. Rebusan kacang hijau, air dan kacang hijau di berikan untuk ayam aduan yang sedang sakit goham.
  3. Remasan daun kemangi.
  4. Blimbing sayur.
  5. Ulat daun pisang.
  6. Perasan jeruk nipis.

Demikian informasi seputar penyakit mulut ayam aduan yang bisa Bandar Sabung Ayam berikan kepada para penghobi sabung ayam diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa membantu para botoh dan bermanfaat.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.

Pendaftaran Wahanabet
Link Pendaftaran Wahanabet Klik disini.